SILABUS
Madrasah
: MTs Al-Qodiri 1 Jember
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an-Hadist
Kelas/
smt : VII/ I
Standar
Kompetensi : 1.
Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadistt sebagai pedoman hidup
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt.
|
- Pengertian Al-Qur’an
- Fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
- Perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
- Sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
|
- Reading and searching
- Mendiskusikan fungsi Al-quran dan Hadistt
- Membuat peta konsep
- Menentukan statemen tentang sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt
sebagai pedoman hidup
|
-
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
-
Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
-
Menjelaskan pengertian Hadistt
-
Menjelaskan fungsi Al-Hadistt
-
Membedakan fungsi Al-Qur’an
dan Hadistt
-
Memilih sikap untuk menjadikan
Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
|
- Tugas kelompok
- Tes tulis
- Skala sikap
|
4 x 40 menit
|
-
Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
-
Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
-
Buku al quran-hadits untuk
siswa Mts kelas VII
|
1.2. Menjelaskan cara –cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
|
- Cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
- Cara memfungsikan Hadistt
- Perbandingan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
|
- Mendiskusikan cara memfungsikan
Al-Qur’an
- Mendiskusikan cara memfungsikan
Hadistt
- Tanya jawab tentang memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
|
- Menjelaskan cara memfungsikan
Al-Qur’an
- Menunjukkan cara memfungsikan
Hadistt
- Mennggabarkan cara memfungsikan
Al-Qur’an dan Hadist
|
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
-
Buku al quran-hadits untuk
siswa Mts kelas VII
|
1.3. Menerapkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam
|
- Ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
- Ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
- Perbedaan orang yang menggunakna Al-Qur’an, Al-Hadist, serta Al-Qur’an
dan Hadist sebagai pedoman hidup
|
- Menacari ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
- Mendiskusikan ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Hadist sebagai pedoman
hidup
- Mencari perbedaan orang yang
menggunakan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
|
- Menyebutkan ciri-ciri orang yang mengguna-kan Al-Qur’an sebagai pedoman
hidup
- Menyebutkan ciri-ciri orang yang mengguna-kan Al-Qur’an dan Hadist
sebagai pedoman hidup
- Membandingkan orang yang menggunakan Al-Qur’an Al-Hadist sebagai pedoman
hidup
- Menyebutkan hikmah orang yang menggunakan Al-Qur’an dan Hadist sebagai
pedoman hidup
|
Tes
tulis
|
4 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa Mts kelas VII
|
Standar Kompetensi : 2. Mencintai Al-Qur’an
dan Al-Hadist
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1. Menjelaskan cara mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
|
- Pengertian cinta
- Cara mencintai Al-Qur’an
- Cara mencintai Al-Hadist
|
- Menemukan pengertian cinta yang benar tehadap Al-Qur’an dan Hadist
- Merumuskan cara men-cintai Al-Qur’an
- Merumuskan cara mencintai Al-Hadist
|
-
Menyebutkan pengertian cinta
Al-Qur’an dan Al-Hadist
-
Menunjukkan cara men-cintai Al-Qur’an
-
Menunjukkan cara mencintai
Al-Hadist
|
- Tes tulis
- Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII
-
Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
2.2. Menjelaskan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
|
- Perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
- Perilaku orang yang mencintai Al-Hadist
|
- Menentukan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
- Menentukan perilaku orang yang mencintai Al-Hadist
|
- Menunjukkan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
- Menunjukkan perilaku orang yang mencintai Al-Hadist
- Menyebutkan hikmah orang yang mencintai Al-Qur’an dan Hadist
|
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
2.3. Menerapkan perilaku mencintai Al-Qur’an dan
Al-Hadist dalam kehidupan
|
- Ciri-ciri
perilaku men-cintai Al-Qur’an
- Ciri-ciri
perilaku men-cintai Al-Hadist
- Perbedaan
perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
|
- Mencari
ciri-ciri perilaku mencintai Al-Qur’an
- Merumuskan
ciri-ciri peri-laku mencintai Al-Hadist
- Menentukan
perbedaan perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
|
- Menunjukkan
perilaku mencintai Al-Qur’an
- Menyebutkan
perilaku mencintai Al-Hadist
- Membedakan
perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
|
Tes tulis
Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
Standar Kompetensi : 3. Menerapkan Al-Qur’an
surat-surat pendek pilihan tentang Rububiyyah dan Uluhiyyah dalam kehidupan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1. Memahami isi kandungan QS Al
Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas tentang tauhid Rububiyyah dan
Uluhiyyah untuk, dikaitkan dengan fenomena kehidupan.
|
- QS Al
Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Terjemahan QS Al Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Kandungan Q.S Al Fatihah tentang tau-hid Rububiyyah
- Mengaitkan isi kan-dungan Al Fatihah tentang tauhid Rubu-biyyah dengan
kehi-dupan sehari-hari
- Menerjemahkan Surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Isi kandungan Surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas tentang tauhid
Uluhiyyah
- Mengaitkan isi Surat An Naas, Al
Falaq dan Al Ikhlas tentang tauhid Uluhiyyah
|
- Menerjemahkan surat Al Fatihah tiap mufrodatnya
- Mempelajari isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah
- Mengaitkan isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah de-ngan
kehidupan sehari-hari
- Menerjemahkan S. An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Mencari ayat-ayat yang berhubungan dengan tauhid Uluhiyyah dalam surat
An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
|
- Menerjemahkan
surat Al Fatihah
- Menjelaskan isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah
- Mengaitkan isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah de-ngan
kehidupan
- Menerjemahkan S. An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Mengaitkan isi kandung-an surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas ten-tang
tauhid Uluhiyyah dengan kehidupan
|
- Tes
tulis
|
4 x 40 menit
|
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa Mts kelas VII
-
Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
|
3.2. Menerapkan QS Al Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas dalam
kehidupan
|
- Ciri-ciri tauhid Rububiyyah dalam kehidupan
- Tauhid
Uluhiyyah dalam kehidupan
- Contoh orang yang melaksanakan tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah
|
- Mencari contoh ciri-ciri Tauhid Rububiyyah
- Mencari contoh ciri-ciri Tauhid Uluhiyyah
- Mencari contoh orang yang melakukan tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah
|
- Mengidentifikasi ciri-ciri tauhid Rububiyyah dalam kehidupan
- Mengidentifikasi ciri-ciri tauhid Uluhiyyah dalam kehidupan
- Membuat contoh perilaku orang yang bertauhid
|
- Tes
tulis
|
2 x 40 menit
|
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa Mts kelas VII
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
|
Standar Kompetensi : 4. Memahami Hadist tentang
ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1. Menuliskan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
|
- Menulis
Hadist tentang ciri iman
- Menulis Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
|
- Menulis
Hadist tentang ciri iman
- Menulis Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
|
- Menerjemahkan
surat Al Fatihah
- Menulis
Hadist tentang ciri iman
- Menulis Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
|
- Tes
tulis
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
-
Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
4.2. Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh
Allah
|
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh
Allah
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh
Allah
|
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menghafalkan Hadist tentang ibadah yang
diterima Allah
|
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menerjemahkan Hadist tentang ibadah yang
diterima Allah
|
- Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
4.3. Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh
Allah
|
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh
Allah
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh
Allah
|
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menghafalkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah
|
- Menghafalkan surat Al
Fatihah
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menghafalkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah
|
-
Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
-
Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
4.4. Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang
diterima Allah
|
- Isi kandungan Hadist tentang ciri iman
- Mengaitkan kandungan Hadist
tentang iman dengan fenomena kehidupan
- Isi kandungan Hadist tentang ciri
ibadah yang diterima Allah
- Mengaitkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah dengan fenomena
kehidupan
|
- Mempelajari isi kandungan Hadist tentang ciri iman
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dengan fenomena
kehidupan
- Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima
Allah
|
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
- Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri iman
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dengan fenomena
kehidupan
- Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima
Allah
|
- Tes
lisan
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
-
Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
4.5. Menerpakan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang
diterima Allah
|
- Contoh perilaku orang yang beriman dan tidak beriman
|
- Melakukan analisa dari perilaku orang yang beriman dan tidak
- Menuliskan bentuk ibadah yang sudah dilakukan
|
- Menerjemahkan surat Al
Fatihah
- Menunujukkan contoh perilaku orang yang beriman
- Memilah perilaku orang beriman dan tidak beriman
- Menununjukkan contoh ibadah yang diterima Allah dan yang tidak ditrima
|
- Tes
tulis
|
2 x 40 menit
|
- Buku paket Al-Qur’an-Hadist
kelas VII
- Buku pedoman guru mp al
quran-hadits kls VII MTs
- Buku al quran-hadits untuk
siswa MTs kelas VII
|
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Hj. ILMI MUFIDAH, S.Pd.I MOH. SYUKRI, S.Pd.I
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar