My Photo

My Photo
Saya Moh. Syukri Lahir dikota Jember pada tahun 1985. karir belajar SD (tahun 1992-1997), SLTP/MTs (tahun 1997-2000), SLTA/ MA (tahun 2000-2003), S-1 (tahun 2003-2004). tamat sekolah tinggi, seorang Moh. Syukri, memulai karir professionalnya dalam bidang pendidikan di MTs. Al-Qodiri 1 Jember yang beralamat di Jl. Manggar 139A Patrang-Jember hingga sekarang.

Minggu, 11 Desember 2011

Silabus Al-Qur'an Hadits Terbaru


SILABUS


Madrasah                   : MTs Al-Qodiri 1 Jember
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an-Hadist
Kelas/ smt                  : VII/ I

Standar Kompetensi  : 1. Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadistt sebagai pedoman hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1. Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt. 
- Pengertian Al-Qur’an

- Fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
- Perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
- Sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
- Reading and searching

- Mendiskusikan fungsi Al-quran dan Hadistt
- Membuat peta konsep
- Menentukan statemen tentang sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup


- Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
- Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
- Menjelaskan pengertian Hadistt
- Menjelaskan fungsi Al-Hadistt
- Membedakan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
- Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
- Tugas kelompok
- Tes tulis
- Skala sikap
4 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa Mts kelas VII
1.2. Menjelaskan cara –cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
- Cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
- Cara memfungsikan Hadistt
- Perbandingan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
- Mendiskusikan cara memfungsikan Al-Qur’an
- Mendiskusikan cara memfungsikan Hadistt
- Tanya jawab tentang memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
-  Menjelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an
-  Menunjukkan cara memfungsikan Hadistt
- Mennggabarkan cara   memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist

Tes tulis
2 x 40 menit
-  Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa Mts kelas VII
1.3.  Menerapkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam
- Ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
- Ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
-  Perbedaan orang yang menggunakna Al-Qur’an, Al-Hadist, serta Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
-  Menacari ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
- Mendiskusikan ciri-ciri orang yang menjadikan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
-  Mencari perbedaan orang yang menggunakan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
-  Menyebutkan ciri-ciri orang yang mengguna-kan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
-  Menyebutkan ciri-ciri orang yang mengguna-kan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
- Membandingkan orang yang menggunakan Al-Qur’an Al-Hadist sebagai pedoman hidup
-  Menyebutkan hikmah orang yang menggunakan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup 
Tes tulis
4 x 40 menit
-  Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa Mts kelas VII



Standar Kompetensi         : 2. Mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1. Menjelaskan cara mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist  
- Pengertian cinta
-  Cara mencintai Al-Qur’an
-  Cara mencintai Al-Hadist

- Menemukan pengertian cinta yang benar tehadap Al-Qur’an dan Hadist
-  Merumuskan cara men-cintai Al-Qur’an
- Merumuskan cara mencintai Al-Hadist
- Menyebutkan pengertian cinta Al-Qur’an dan Al-Hadist
- Menunjukkan cara  men-cintai Al-Qur’an
- Menunjukkan cara mencintai Al-Hadist
-  Tes tulis

- Tes lisan





2 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII

2.2. Menjelaskan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist 
-  Perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
-  Perilaku orang yang mencintai Al-Hadist

-  Menentukan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
-  Menentukan perilaku orang yang mencintai Al-Hadist

- Menunjukkan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
- Menunjukkan perilaku orang yang mencintai Al-Hadist
- Menyebutkan hikmah orang yang mencintai Al-Qur’an dan Hadist
 Tes tulis
2 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII

2.3. Menerapkan perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist dalam kehidupan 
- Ciri-ciri perilaku men-cintai Al-Qur’an
- Ciri-ciri perilaku men-cintai Al-Hadist
- Perbedaan perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
-  Mencari ciri-ciri perilaku mencintai Al-Qur’an
-  Merumuskan ciri-ciri peri-laku mencintai Al-Hadist
-  Menentukan perbedaan perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
- Menunjukkan perilaku mencintai Al-Qur’an
- Menyebutkan perilaku mencintai Al-Hadist
- Membedakan perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist

Tes tulis
Tes lisan
2 x 40 menit
-  Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII



Standar Kompetensi : 3. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan                               tentang Rububiyyah dan Uluhiyyah dalam kehidupan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1.  Memahami isi kandungan QS Al Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas tentang tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah untuk, dikaitkan dengan fenomena kehidupan.
-  QS Al Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Terjemahan QS Al Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Kandungan Q.S Al Fatihah tentang tau-hid Rububiyyah
- Mengaitkan isi kan-dungan Al Fatihah tentang tauhid Rubu-biyyah dengan kehi-dupan sehari-hari
-    Menerjemahkan Surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
-    Isi kandungan Surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas tentang tauhid Uluhiyyah
-  Mengaitkan isi Surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas tentang tauhid Uluhiyyah
-  Menerjemahkan surat Al Fatihah tiap mufrodatnya
-  Mempelajari isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah
-  Mengaitkan isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah de-ngan kehidupan sehari-hari
-    Menerjemahkan S. An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
-    Mencari ayat-ayat yang berhubungan dengan tauhid Uluhiyyah dalam surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
- Menjelaskan isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah
- Mengaitkan isi kandung-an S. Al Fatihah tentang tauhid Rububiyyah de-ngan kehidupan
- Menerjemahkan S. An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas
- Mengaitkan isi kandung-an surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas ten-tang tauhid Uluhiyyah dengan kehidupan

- Tes tulis

4 x 40 menit
-  Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs

-  Buku al quran-hadits untuk siswa Mts kelas VII

-  Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
3.2. Menerapkan QS Al Fatihah, An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas dalam kehidupan

- Ciri-ciri tauhid Rububiyyah dalam kehidupan
- Tauhid Uluhiyyah dalam kehidupan
- Contoh orang yang melaksanakan tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah
-  Mencari contoh ciri-ciri Tauhid Rububiyyah
-  Mencari contoh ciri-ciri Tauhid Uluhiyyah
-  Mencari contoh orang yang melakukan tauhid Rububiyyah dan Uluhiyyah
- Mengidentifikasi ciri-ciri tauhid Rububiyyah dalam kehidupan
- Mengidentifikasi ciri-ciri tauhid Uluhiyyah dalam kehidupan
- Membuat contoh perilaku orang yang bertauhid
- Tes tulis

2 x 40 menit
-  Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa Mts kelas VII
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII


Standar Kompetensi         : 4. Memahami Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
4.1. Menuliskan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah  
-  Menulis Hadist tentang ciri iman
-  Menulis Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah 

-  Menulis Hadist tentang ciri iman
- Menulis Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah 
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
-  Menulis Hadist tentang ciri iman
-  Menulis Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah 
- Tes tulis
2 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-  Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII

4.2. Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh Allah 

- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh Allah 
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh Allah 

- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menghafalkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
-  Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menerjemahkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah
-  Tes lisan
2 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII

4.3. Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh Allah 
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh Allah 
- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima oleh Allah 

- Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
- Menghafalkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah
-  Menghafalkan surat Al Fatihah
-  Menghafalkan Hadist tentang ciri iman
-  Menghafalkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah
- Tes lisan

2 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII

4.4. Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
-  Isi kandungan Hadist tentang ciri iman
- Mengaitkan kandungan Hadist tentang iman dengan fenomena kehidupan
- Isi kandungan Hadist tentang ciri  ibadah yang diterima Allah
- Mengaitkan Hadist tentang ibadah yang diterima Allah dengan fenomena kehidupan
- Mempelajari isi kandungan Hadist tentang ciri iman
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dengan fenomena kehidupan
- Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah 
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
-  Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri iman
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dengan fenomena kehidupan
- Menjelaskan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah
- Mengaitkan isi kandungan Hadist tentang ciri ibadah yang diterima Allah 
- Tes lisan
2 x 40 menit
-   Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-   Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-   Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII

4.5. Menerpakan isi kandungan Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
- Contoh perilaku orang yang beriman dan tidak beriman
- Melakukan analisa dari perilaku orang yang beriman dan tidak
- Menuliskan bentuk ibadah yang sudah dilakukan
- Menerjemahkan surat Al Fatihah
- Menunujukkan contoh perilaku orang yang beriman
- Memilah perilaku orang beriman dan tidak beriman
- Menununjukkan contoh ibadah yang diterima Allah dan yang tidak ditrima

- Tes tulis
2 x 40 menit
-  Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
-  Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
-  Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII
                                                                                                                             Jember, 16 Juli 2011
Mengetahui                                                                                                          
Kepala Madrasah                                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

Hj. ILMI MUFIDAH, S.Pd.I                                                                            MOH. SYUKRI, S.Pd.I
NIP.                                                                                                                     NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar